Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 01 Juli 2012

Manfaat Kopi_Untuk Kesehatan



Kopi adalah minuman yang pasti sudah lama anda kenal, jika setiap ada orang yang mau ke warung terus ditanya mau ke mana? Pasti rata-rata akan menjawab “ngopi”. Begitu pula saat kita berkunjung ke rumah teman atau saudara, kopi sering disajikan sebagai teman ngobrol. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengulas apa saja manfaat minum kopi terutama bagi kesehatan.
Sebagai salah satu minuman yang paling populer di seantero dunia, kopi memiliki banyak sekali khasiat, meskipun juga dapat menimbulkan bahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan. Tapi, selama dikonsumsi secara bijak, tentunya manfaatnya akan kita dapatkan diantaranya sebagai berikut.
Beberapa Manfaat minum kopi untuk kesehatan :
1. Melindungi jantung dan mencegah stroke
Kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu menahan efek buruk peradangan pada arteri. Dan para peminum kopi hitam sebanyak 1-2 gelas perhari memiliki risiko stroke yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.
2. Mengurangi resiko diabetes
Menurut sebuah penelitian yang dihajat American Journal of Clinical Nutrition, kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kandungan zat dalam kopi, menurut mereka, dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah, dan karenanya, diabetes pun enyah. Dalam studi-studi yang lainnya terkait hubungan antara kopi dan diabetes juga ditemukan bahwa meminum kopi sebelum makan atau ketika perut dalam keadaan kosong bisa berguna menurunkan kadar gula darah turun naik sampai dengan 50%
3. Menjaga kesehatan hati
Berdasarkan pada satu analisa dari sembilan buah penelitian menemukan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker hati sebanyak 43%.
4. Meningkatkan kekuatan otak
Minum kopi secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko demensia dan Alzheimer, sama halnya seperti Parkinson. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik.
5. Membantu menghilangkan sakit kepala
Penelitian membuktikan, 200 miligram kafein dapat membantu menghilangkan sakit kepala, termasuk migrain.
6. Membantu proses pembakaran lemak
Para peneliti dari Australian Institute of Sport, seperti disebutkan dalam Good Health, menemukan bahwa satu cangkir kopi dapat memicu otot untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi, ketimbang karbohidrat. Fakta lain, menurut Dr. Michael Colgan, penulis Optimum Sports Nutrition, seperti dirilis Live Strong, pembakaran lemak dapat meningkat hingga 100 persen bila mengonsumsi kafein sebelum olahraga.
7. Membuat daya tahan lebih baik
Para peneliti juga menjumpai bahwa pesepeda yang dibolehkan menyesap kopi saat sedang mengayuh sepeda, mampu berjalan lebih jauh ketimbang yang hanya minum air. Penelitian dari Inggris menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot kaki.
8. Mencegah pembentukan batu ginjal 
Meminum kopi dapat mencegah pembetukan batu ginjal (Kidney Stone). Dua penelitian pada orang perempuan dan laki-laki, yang masing-masing memakan waktu 10 tahun, mengungkapkan bahwa seseorang yang minum kopi berkafein walaupun hanya satu cangkir sehari dapat menurunkan risiko pembentukkan batu ginjal sebesar 10%, akan tetapi kopi yang sudah tidak berkafein (decafeinted) hanya menurunkan 9%.
9. Mencegah kanker kulit
Melindungi kulit. Konsumsi 2-5 cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel-sel prakanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.

Sumber:
http://kemuh.com/kesehatan/manfaat-minum-kopi-bagi-kesehatan-dan-kecantikan/
http://merahitam.com/6-manfaat-kopi-untuk-kesehatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar