Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 26 April 2012

ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER DARI SUPERKOMPUTER WATSON UNTUK DIAGNOSIS PASIEN


Komputer Watson IBM kembali menunjukkan kebolehannya.Komputer  yang berhasil mengalahkan manusia dalam permainan uji kecerdasan ini sekarang digunakan juga untuk kepentingan medis.  Hal ini dilakukan melalui kerja sama yang baru saja IBM lakukan dengan WellPoint, sebuah perusahaan penjamin asuransi kesehatan. Kesepakatan tersebut diumumkan secara resmi pada hari Senin, 12 September 2011 kemarin dan akan menandai untuk pertama kalinya teknologi Watson digunakan untuk aplikasi komersial. WellPoint berharap teknologi yang dimiliki Watson bisa meningkatkan kualitas pelayanan ke pasien dan sekaligus bisa membantu mengurangi biaya. Teknologi ini nanti akan diperkenalkan tahun depan dengan mulai digunakan oleh perawat yang meninjau permintaan perawatan kesehatan dari dokter.Rencananya, penggunaan Watson akan diperluas ke kalangan ahli Onkologi terpilih dan dibuat agar mudah diakses oleh para dokter melalui perangkat mereka sendiri. IBM mengklaim teknologi Watson dapat memproses 200 juta halaman konten dalam kecepatan kurang dari tiga detik. Dengan demikian, Watson dinilai tangguh digunakan meninjau beragam lietaratur medis.
Mengenai hal tersebut di atas ada beberapa pertanyaan yang muncul, antara lain yaitu bagaimanakah organisasi komputer dari teknologi Watson buatan IBM, sehingga disebut komputer super?? dan bagaimanakah arsitektur komputer IBM yang mempunyai teknologi Watson, sehingga dapat melakukan proses sampai 200 juta halaman konten per detik??Untuk manjawab semua itu, sebaiknya kita pahami dulu menganai beberapa hal yang terkait dalam masalah di atas.
Apa arsitektur dan organisasi komputer serta apakah superkomputer itu?  Arsitektur komputer : mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program. Organisasi komputer : mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer. Sedangkan superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer. Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer. Superkomputer biasanya unggul dalam kecepataan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungn tertentu, biasanya penghitungan angka, dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya. Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi.Seperti dengan sistem paralel pada umumnya, hukum Amdahl berlaku, dan superkomputer didesain untuk menghilangkan serialisasi software, dan menggunakan hardware untuk mempercepat leher botol.
Kalo dalam bayangan kita, Person of the year itu merupakan sosok seseorang yang sangat berpengaruh pada suatu hal atau bidang tertentu. Tapi dalam suatu penghargaan dalam bidang internet, person of the year justru dimenangkan oleh super komputer milik IBM yang diberi nama “Watson“. Jadi sebenarnya Watson bukanlah nama orang, melainkan nama superkomputer buatan IBM yang belum lama memenangkan kuis televisi Jeopardy dan mengalahkan manusia. Bahkan, Watson sempat memberikan testimoni saat diumumkan sebagai penerima penghargaan. “Person of the year, ironic,” kata Watson. Sebagai komputer yang cerdas, Watson memang diciptakan oleh para insinyur di IBM untuk bisa mengolah data dan informasi suara serta menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya.
Setelah megetahui tentang Watson dan super komputer, saatnya kita mengetahui apa itu sebenarnya IBM . IBM (International Business Machines Corporation)  adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. IBM didirikan pada 15 Juni 1911, beroperasi sejak 1888 dan berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat. Mesin-mesin dan produk IBM yang sukses adalah Mainframe dengan sistem 370 (1960an), IBM PC, AS/400 dan RS/6000 (1980an), PowerPC CPU (1990an, bekerja sama dengan Motorola - sekarang Freescale ). IBM Research memiliki delapan laboratorium riset yang terletak di belahan utara dunia, dengan setengahnya terletak di luar Amerika Serikat. Pegawai IBM telah meraih lima penghargaan Nobel. Di Amerika, mereka juga mendapatkan empat Penghargaan Turing, lima Medali Teknologi Nasional, dan lima Medali Sains Nasional, dan juga banyak lagi di luar Amerika.
IBM beroperasi di Indonesia sejak pra-Perang Dunia II. Sekarang IBM tidak beroperasi secara langsung di Indonesia, tetapi melalui agen tunggal mereka yaitu PT Usaha Sistem Informasi Jaya yang merupakan patungan dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan para karyawan senior. IBM memutuskan keluar dari Indonesia karena aturan yang melarang perusahaan asing beroperasi di Indonesia tanpa memiliki partner lokal pada tahun 1970-an. Salah satu proyek terkenal PT Usaha Sistem Informasi Jaya adalah pemugaran candi Borobudur di Jawa Tengah. Komputer Mainframe IBM dipergunakan untuk mengetahui posisi suatu potongan batu di candi tersebut. Kantor pusat PT Usaha Sistem Informasi Jaya terletak di Jakarta Selatan. Di Indonesia PT Usaha Sistem Informasi Jaya memiliki beberapa anak perusahaan, di antaranya PT Mitra Integrasi Komputindo, PT Jasa Teknologi Informasi IBM.
            Dengan mengetahui dan memahami berbagai komponen yang terkait dalam superkomputer dari teknologi Watson buatan IBM tersebut maka kita dapat menjawab masalah yang telah disebutkan pada awal artikel ini.
Saat ini IBM punya order baru, yaitu membuat super komputer terbesar dunia untuk keperluan penelitian genetika penyakit. Pesanan itu diberikan oleh sebuah perusahaan riset genetik, NuTec Sciences Inc. Super komputer yang bakal dibuat Big Blue memiliki cluster lebih dari seribu sever yang akan menolong para peneliti untuk menemukan penyebab penyakit dan mengindentifikasinya untuk membuat penangkal. Menurut James Coffin, world director of life science solution IBM, sistem komputer ini akan menjadi komputer tercanggih kelima atau keenam di dunia, dan menjadi komputer paling canggih di luar yang digunakan oleh pemerintah. Superkomputer ini juga memiliki kecepatan 18-20 ribu kali dibandingkan PC biasa. Coffin menambahkan superkomputer ini mampu melakukan kalkulasi 7,5 triliun dalam satu detik. Hal ini berkat adanya 1.250 sever IBM p640 yang di cluster di dalamnya. Untuk menjalankannya digunakan sistem operasi AIX Operating System dan DB2 Universal Data Base yang dibuat oleh IBM. Tidak hanya itu, super komputer ini akan dilengkapi memori sebesar 2,5 Tbytes, 50 Tbytes disk storage dan infrastruktur hingh-bandwith network. Kecanggihan komputer super ini dirancang untuk membantu para ilmuwan memahami basis genetik penyakit. "NuTec tengah bekerja bersama National Institute of Health untuk meneliti penyakit yang sangat kompleks seperti penyakit hati dan diabetes," tutur Coffin seperti dikutip TechWeb. Coffin menyatakan untuk membuat sistem komputer ini diperlukan biaya 'hanya' puluhan juta dolar saja. Bagi IBM, konstruksi sistem komputer ini mewakili keinginan perusahaan untuk memperluas bisnisnya dalam bidang sains.
            Dari penjelasan di atas dapat kita ketahui bahwa Watson merupakan superkomputer yang sangat cerdas dan diharapkan akan dapat memuaskan seluruh penggunanya di masa depan dengan segala keunggulannya mulai dari kecepatannya yang mencapai 18—20ribu kali dibandingkan PC biasa dan mampu melakukan kalkulasi 7,5 triliun dalam satu detik. Keunggulan tersebut tentu saja berkat adanya dukungan 1.250 sever IBM p640 yang di cluster di dalamnya, sistem operasi berupa AIX Operating System dan DB2 Universal Data Base, serta memori sebesar 2,5 Tbytes, 50 Tbytes disk storage dan infrastruktur hingh-bandwith network. Semua kecanggihan komputer super ini dirancang dengan tujuan membantu para ilmuwan memahami basis genetik penyakit.

Daftar Pusaka:
·         http://sundari-ely.blogspot.com/2008/04/pengertian-arsitektur-dan-organisasi.html , diakses 14 September 2011(17.30 WIB).
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Superkomputer, diakses 14 September 2011(14.47 WIB).
·         http://teknopreneur.com/informatika/komputer-watson-akan-bantu-dokter-diagnosis-pasien, diakses 14 September 2011(20.01 WIB).
·         http://esrt2000.50megs.com/ibm_membuat_super_komputer_untuk.htm, diakses 13 September 2011(19.16 WIB).
·         http://id.wikipedia.org/wiki/IBM , diakses 14 September 2011(14.47 WIB).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar