Apakah Komputasi Modern?
komputasi itu sendiri bisa diartikan sebagai cara
untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu
algoritma.Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai
perhatian pada penyusunan model matematika teknik penyelesaian numerik serta
penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu
(sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer
atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah
dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga
untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu. Komputasi
merupakan suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan
tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan
kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang
dengan bantuan suatu tabel.
yang menjadi perhitungan dari komputasi modern
adalah :
• akurasi : yang
berhubungan dengan bit dan floating point
• kecepatan : dalam satuan hertz (processor
tunggal, pipeline, parallel processing). Saat ini penggunaan komputer untuk
menyelesaikan masalah sudah merasuk ke segala bidang. Hal ini karena komputasi dianggap
lebih cepat dibandingkan dengan penyelesaian masalah secara manual. Seiring
dengan hal tersebut, semakin dituntut proses komputasi yang semakin cepat.
Untuk meningkatkan kecepatan proses komputasi, dapat ditempuh dua cara :
peningkatan kecepatan perangkat keras dan peningkatan kecepatan perangkat
lunak.
Komponen
utama perangkat keras komputer adalah processor. Saat ini, peningkatan
kecepatan processor benar-benar luar biasa. Processor Pentium 4 yang
dikeluarkan Intel kecepatannya sudah mencapai 1.8 GHz. Meskipun kecepatan
processor dapat ditingkatkan terus, namun karena keterbatasan materi
• problem volume besar :
down sizing, parallel
• modelling : NN, GA. Sebuah model komputasi adalah model
matematika dalam ilmu komputer luas yang memerlukan sumber daya komputasi untuk
mempelajari perilaku sebuah sistem yang kompleks dengan simulasi komputer.
Sistem yang diteliti seringkali merupakan kompleks sistem nonlinier yang
sederhana, intuitif solusi analitis tidak tersedia. Alih-alih menurunkan
analisis matematis solusi untuk masalah ini, eksperimen dengan model ini
dilakukan dengan mengubah parameter sistem dalam komputer, dan mempelajari
perbedaan hasil eksperimen. Teori pengoperasian model dapat diturunkan /
dideduksi dari percobaan komputasi ini.
Contoh
model komputasi umum prakiraan cuaca model, bumi simulator model, flight
simulator model, molekul protein lipat model, dan jaringan saraf model.
Berbagai
Macam Model Komputasi :
1. mesin
Mealy adalah otomasi fasa berhingga (finite state automaton atau finite state
tranducer) yang menghasilkan keluaran berdasarkan fasa saat itu dan bagian
masukan/input. Dalam hal ini, diagram fasa (state diagram) dari mesin Mealy
memiliki sinyal masukan dan sinyal keluaran untuk tiap transisi. Prinsip ini
berbeda dengan mesin Moore yang hanya menghasilkan keluaran/output pada tiap
fasa.
Nama Mealy diambil dari "G. H. Mealy"
seorang perintis mesin-fasa (state-machine) yang menulis karangan "A
Method for Synthesizing Sequential Circuits" pada tahun 1955
2. mesin
Moore adalah otomasi fasa berhingga (finite state automaton) di mana
keluarannya ditentukan hanya oleh fasa saat itu (dan tidak terpengaruh oleh
bagian masukan/input). Diagram fasa (state diagram) dari mesin Moore memiliki sinyal
keluaran untuk masing-masing fasa. Hal ini berbeda dengan mesin Mealy yang
mempunyai keluaran untuk tiap transisi.
Nama Moore diambil dari "Edward F. Moore"
seorang ilmuwan komputer dan perintis mesin-fasa (state-machine) yang menulis
karangan "Gedanken-experiments on Sequential Machines".
3. Petri
net adalah salah satu model untuk merepresentasikan sistem terdistribusi
diskret. Sebagai sebuah model, Petri net merupakan grafik 2 arah yang terdiri
dari place, transition, dan tanda panah yang menghubungkan keduanya. Di samping
itu, untuk merepresentasikan keadaan sistem, token diletakkan pada place
tertentu. Ketika sebuah transition terpantik, token akan bertransisi sesuai
tanda panah.
Petri net pertama kali diajukkan oleh Carl Adam
Petri pada tahun 1962
• kompleksitas : menggunakan teori big O.
Kompleksitas komputasi adalah cabang dari teori komputasi dalam ilmu
komputer yang berfokus pada mengklasifikasikan masalah komputasi sesuai dengan
kesulitan inheren mereka. Dalam konteks ini, sebuah masalah komputasi dipahami
sebagai tugas yang pada prinsipnya setuju untuk menjadi dipecahkan oleh
komputer. Informal, sebuah masalah komputasi terdiri dari contoh-contoh masalah
dan solusi untuk masalah ini contoh. Sebagai contoh, primality pengujian adalah
masalah menentukan apakah nomor yang diberikan perdana atau tidak.
Contoh-contoh masalah ini adalah bilangan asli, dan solusi untuk sebuah contoh
adalah ya atau tidak didasarkan pada apakah nomor perdana atau tidak.
Masalah
ini dianggap sebagai secara inheren sulit jika memecahkan masalah yang
memerlukan sejumlah besar sumber daya, tergantung pada algoritma yang digunakan
untuk memecahkan itu. Teori ini formalizes intuisi, dengan memperkenalkan
matematika model komputasi untuk mempelajari masalah ini dan kuantitatif jumlah
sumber daya yang dibutuhkan untuk memecahkan mereka, seperti waktu dan
penyimpanan. Ukuran kompleksitas lain juga digunakan, seperti jumlah komunikasi
(digunakan dalam kompleksitas komunikasi), jumlah gerbang dalam rangkaian (digunakan
dalam rangkaian kompleksitas) dan jumlah prosesor (digunakan dalam komputasi
paralel). Secara khusus, teori kompleksitas komputasi menentukan batas-batas
praktis tentang apa yang komputer bisa dan tidak bisa lakukan.
Bidang-bidang terkait erat dalam ilmu komputer teoritis analisis
algoritma dan teori computability. Perbedaan utama antara teori kompleksitas
komputasi dan analisis algoritma adalah bahwa yang terakhir ditujukan untuk
menganalisis jumlah sumber daya yang dibutuhkan oleh algoritma tertentu untuk
memecahkan masalah, sedangkan yang pertama mengajukan pertanyaan yang lebih
umum tentang semua kemungkinan algoritma yang dapat digunakan untuk memecahkan
masalah yang sama. Lebih tepatnya, hal ini mencoba untuk mengklasifikasikan
masalah yang dapat atau tidak dapat diselesaikan dengan tepat sumber daya
terbatas. Pada gilirannya, memaksakan pembatasan pada sumber daya yang tersedia
adalah apa yang membedakan kompleksitas komputasi dari computability teori:
teori yang terakhir bertanya apa jenis masalah dapat diselesaikan pada
prinsipnya algorithmically.
Contoh
Masalah :
Sebuah
masalah komputasi dapat dilihat sebagai sebuah koleksi yang tak terbatas kasus
bersama-sama dengan solusi untuk setiap contoh. Input string untuk sebuah
masalah komputasi disebut sebagai contoh masalah, dan tidak boleh bingung
dengan masalah itu sendiri. Dalam teori kompleksitas komputasi, masalah mengacu
pada pertanyaan abstrak yang harus dipecahkan. Sebaliknya, sebuah contoh dari
masalah ini adalah ucapan yang agak konkret, yang dapat digunakan sebagai
masukan untuk masalah keputusan. Sebagai contoh, perhatikan masalah primality
pengujian. contoh adalah nomor dan solusinya adalah "ya" jika nomor
perdana dan "tidak" sebaliknya. Bergantian, yang contoh adalah input
tertentu untuk masalah, dan solusinya adalah output sesuai dengan input yang
diberikan.
Untuk
lebih menyoroti perbedaan antara masalah dan sebuah contoh, pertimbangkan
contoh berikut versi keputusan dari pedagang keliling masalah: Apakah ada rute
dengan panjang maksimal 2000 kilometer melewati semua di Jerman 15 kota
terbesar? Jawaban untuk masalah khusus ini misalnya tidak banyak digunakan
untuk menyelesaikan contoh-contoh lain dari masalah, seperti meminta untuk
pulang-pergi melalui semua pemandangan di Milan yang jumlah paling banyak
panjangnya 10km.
jadi, komputasi modern adalah suatu pemecahan
masalah berdasarkan suatu inputan dengan menggunakan algoritma dimana
penerapannya menggunakan berbagai teknologi yang telah berkembang seperti
komputer.
Bagaimanakah Sejarah Komputasi Modern ?
Kata “komputer” pertama kali di perdengarkan
kepada public pada tahun 1613, hal ini mengacu pada perhitungan aritmatika dan
kata “komputer” digunakan dalam pengertian itu sampai pertengahan abad ke-20.
Dari akhir abad ke-19 dan seterusnya.Berkembanganya komputer akhirnya makna
komputer menjadi sebuah mesin yang melakukan komputasi.
Sejarah
komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah yaitu perhitungan
otomatis dengan terdapatnya program/algorima tapi tidak ada satu perangkat pun
yang dapat menyatukan kedua metode tersebut. Contoh-contoh awal perangkat
penghitung mekanis termasuk sempoa (yang berasal dari sekitar 150-100 SM). Seorang pahlawan dari Alexandria (sekitar
10-70 AD) membangun sebuah teater mekanis yang diadakan bermain berlangsung 10
menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks dengan tali dan drum
yang dipakai sebagai sarana untuk memutuskan bagian dari mekanisme. Ini adalah
inti dari programmability.
Seperti
dibahas pada pengertian diatas, beberapa ribu tahun yang lalu penyelesaian
masalah perhitungan dan komputasi dilakukan secara manual yaitu menggunakan
pena dan kertas, kapur dan batu tulis. intinya dengan menggunakan kemampuan
kita sendiri sebagai penghitungnya. dan tidak dipungkiri akan adanya kesalahan
perhitungan. tetapi dengan pemikiran seorang ilmuwan yang benama John Von
Neumann, yang menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima
instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory. konsep inilah yang menjadi
dasar arsitektur komputer modern.
Berikut ini
beberapa contoh komputasi modern sampai dengan lahirnya ENIAC :
• Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”.Z3
(1941) sebuah mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika
floating point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional
pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.
• Berikutnya Non-programmable Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada tahun
1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner,
dan regeneratif memori kapasitor.Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan
untuk menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
• Selanjutnya komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan
untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat
menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik
reprogrammable.Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
• The
Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer
elektromekanis dengan programmability terbatas.
• Lalu
lahirlah US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun
1946, komputer ini digunakan unutk menghitung desimal aritmatika dan biasanya
disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik (ENIAC merupaka
generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad
Zuse ’s Z3 yang ditemukan padatahun 1941).
Siapakah John Von Neuman itu ?
John Von Neumann meningkatkan karya-karyanya dalam
bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu
komputer. beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh
dalam pembuatan bom atom di Los Angeles pada perang dunia II lalu. Kepiawaian
John Von Neumann teletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep
automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan
komputer.
Von Neumann
dilahirkan di Budapest, Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos.
Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit. Di sana,
nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris,
nama orang tuanya menjadi Max Neumann. Pada saat Max Neumann memperoleh gelar,
maka namanya berubah menjadi Von Neumann. Setelah bergelar doktor dalam ilmu
hukum, dia menjadi pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest
terkenal sebagai tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains,
penulis, seniman dan musisi.
Von Neumann juga belajar di Berlin dan Zurich dan
mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang
sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas
Budapest. Keahlian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan
konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang kemudian
melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak
kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam
kepalanya.
Setelah mengajar di Berlin dan Hamburg, Von Neumann
pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di Universitas Princeton serta
menjadi salah satu pendiri Institute for Advanced Studies.
Dipicu ketertarikannya pada hidrodinamika dan kesulitan
penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von
Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Sebagai konsultan pada
pengembangan ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai
sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah komputer dengan program yang
tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O,
dan memori.
Karakteristik Komputasi Modern
Karakteristik komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
1.Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat
heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem
operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2.Komputer-komputer terhubung ke jarinagn yang luas
dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3.Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa
hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Jenis-Jenis Komputasi Modern
Jenis-jenis komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
1. Mobile Computing atau Komputasi Bergerak
Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan
kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan
tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi
berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk
kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat.
Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.
2. Grid Computing
Komputasi grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle
berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu
pekerjaan. Pekerjaan itu sendiri dikontrol oleh satu komputer utama, dan
dipecah menjadi beberapa tugas yang dapat dilaksanakan secara bersamaan pada
komputer yang berbeda. Tugas-tugas ini tidak perlu saling eksklusif, meskipun
itu adalah skenario yang ideal. Sebagai tugas lengkap pada berbagai unit
komputasi, hasil dikirim kembali ke unit pengendali, yang kemudian collates itu
membentuk keluaran kohesif.
Keuntungan dari komputasi grid adalah dua kali
lipat: pertama, kekuatan pemrosesan yang tidak digunakan secara efektif
digunakan, memaksimalkan sumber daya yang tersedia dan, kedua, waktu yang
dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan besar berkurang secara signifikan.
Idealnya kode sumber harus direstrukturisasi untuk
membuat tugas-tugas yang saling eksklusif adalah sebagai mungkin. Itu tidak
berarti bahwa mereka tidak bisa saling bergantung, tetapi pesan yang dikirim
antara tugas-tugas meningkatkan faktor waktu. Satu pertimbangan penting saat
membuat pekerjaan komputasi grid adalah bahwa apakah kode dijalankan serial
atau paralel tugas, hasil dari keduanya harus selalu sama di setiap situasi.
3. Cloud Computing atau Komputasi Awan
Cloud computing adalah perluasan dari konsep
pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan
sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas. Semua yang
terlihat adalah sebuah antarmuka, yang menerima masukan dan memberikan output.
Bagaimana output ini dihitung benar-benar tersembunyi.
Sebagai contoh, seorang sopir mobil tahu bahwa roda
kemudi dengan memutar arah mobil yang mereka ingin pergi; atau yang menekan
pedal gas akan menyebabkan mobil untuk mempercepat. Sopir biasanya tidak peduli
tentang bagaimana arah dari roda kemudi dan pedal gas tersebut diterjemahkan ke
dalam gerakan yang sebenarnya dari mobil. Oleh karena itu, rincian ini
diabstraksikan dari sopir.
Cloud serupa, melainkan menerapkan konsep abstraksi
dalam lingkungan komputasi fisik, dengan menyembunyikan proses yang benar dari
pengguna. Dalam lingkungan komputasi awan, data bisa berada pada beberapa
server, rincian koneksi jaringan yang tersembunyi dan pengguna tidak ada yang
tahu. Bahkan, komputer awan awan dinamakan demikian karena sering digunakan
untuk menggambarkan pengetahuan eksak tentang pekerjaan batin. Cloud komputasi
berat berasal dari paradigma Unix memiliki beberapa elemen, masing-masing yang
sangat baik pada satu tugas tertentu, daripada memiliki satu elemen besar yang
tidak baik.
Dampak Adanya Komputasi Modern
Menurut Don Tapscott (1995) dalam bukunya yang
berjudul “The Digital Economy : Promise and Peril In The Age of Networked
Intelligence” menggambarkan bagaimana dampak teknologi komputasi pada kehidupan
manusia. Aplikasi teknologi kurang sempurna tanpa dukungan mesin pintar yang berkemampuan
analitik. Kehadiran teknologi komputasi yang semakin canggih telah merubah gaya
hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia
semakin tergantung pada komputer. Berikut ini hal-hal yang menggambarkan konsep
kepintaran komputasi yang didukung dengan aplikasi teknologi.
1. Produk yang digerakkan sistem komputer
a. Smart
car (mobil pintar)
b. Smart
card (kartu pintar)
c. Smart
house (rumah pintar)
d. Smart
road (jalan pintar)
2. Perancangan produk dikelola oleh komputer
3. Proses kerja yang digerakkan oleh komputer
4. Komputer menjadi sarana komunikasi yang efektif
5. Komputer sebagai pusat informasi
Di samping berdampak struktural pada perikehidupan
manusia, teknologi juga membangkitkan proses kultural dalam masyarakat yang
diterpanya. Inilah gejala yang oleh N. Postman disebut technopoly, yang olehnya
digambarkan sebagai berikut : “Technopoly is a state of culture. It is also a
state of mind. It consist in the deification of technology, which means that
the culture seeks it’s satisfactions in technology, and takes it’s orders from
technology”. Maka yang menjadi masalah ialah sejauh mana suatu masyarakat siap
memasuki zaman yang ditandai oleh supremasi teknologi sebagai daya pembangkit
budaya baru tanpa merapuhkan ketahanan budayanya sendiri. Dengan demikian, maka
tidak keliru pula untuk menyatakan bahwa dominasi teknologi akan berlanjut
dengan berseminya budaya baru yang melahirkan berbagai nilai baru pula yang
cenderung menjadi acuan perilaku manusia modern dalam berbagai pola interaksi
dengan sesamanya.
IMPLEMENTASI KOMPUTASI MODERN DENGAN TEKNIK MOBILE
COMPUTING
salah satu implementasi mobile computing adalah PDA
(Personal Digital Assistant)
“PDA” (Personal Digital Assistant) pertama kali
dikenalkan untuk menggantikan organizer konvensional (agenda). Dimana dulu
orang menggunakan agenda untuk mencatat semua jadwal aktivitas, nomor telepon,
atau untuk membantunya dalam mengingatkan hal-hal yang penting baginya. Tetapi
dengan bertambah pesatnya perkembangan teknologi komputer. Dengan ditemukan dan
diperkenalkannya organizer elektronik atau yang sering disebut juga dengan PDA
(Personal Digital Assistant), maka orang-orang sekarang mulai menggantikan
organizer konvensional tersebut dengan PDA untuk membantunya dalam aktivitas
sehari-hari. Tetapi dalam perkembangannya, perusahaan pembuat PDA tersebut
memperbaiki kemampuan PDAnya. Dari segi software (sistem operasi maupun
aplikasinya) dan segi hardware (kecepatan prosesor, layar berwarna, memori yang
besar) juga dari segi bentuk fisik yang semakin kecil. Selain itu sekarang PDA
juga telah ditambah berbagai fasilitas yang menarik seperti kemampuan untuk
membuat jaringan tanpa kabel (wireless), kemampuan untuk berfungsi sebagai
telepon selular, maupun sebagai kamera digital. Dilihat dari kemampuan yang
sangat luas dari sebuah PDA maka tidak menutup kemungkinan PDA akan
menggantikan posisi notebook yang sangat besar dalam melakukan pekerjaan yang
memerlukan komputer tetapi selalu berpindah-pindah (mobile).
Sistem Operasi
Ada 3 jenis sistem operasi yang banyak digunakan
pada PDA, yaitu sistem operasi Palm, Windows CE, EPOC/Symbian.
Palm
Pada sistem operasi Palm menggunakan prinsip yang
tidak diperlukan, tidak perlu ada. Sehingga pada Palm tidak ada tempat bagi
keyboard, dan hanya menggunakan pemasukkan data menggunakan pena (stylus) pada
tempat khusus yang berfungsi sebagai tempat tulis. Sistem operasi Palm
menggunakan tulisan graffiti sebagai metode input tulisan tangannya. Sistem
operasi ini biasanya menggunakan resolusi layar 160×160, tetapi sekarang telah
meningkat menjadi 320×320, bahkan pada PDA keluaran Sony telah menggunakan
layar dengan resolusi 320×480. Sistem operasi Palm berisi beberapa aplikasi
dasar. Diantaranya agenda, buku alamat, buku catatan (notebook) dan To do list,
aplikasi email,pengelolaan pengeluaran, kalkulator, beberapa games. Sistem
operasi ini sangat hemat dalam pemakaian resource memori bila dibandingkan
dengan sistem operasi Windows CE. Palm sangat sukses sebagai PDA yang paling
banyak dipakai diseluruh dunia, karena kepraktisannya. Versi pertamanya belum
dilengkapi dengan kemampuan multimedia, tetapi pada perkembangannya, pada versi
4.1 keatas, telah ditambahkan kemampuan multimedia, seperti player MP3, program
pemutar file video, program untuk melihat gambar dan sebagainya.
Windows CE
Sistem operasi ini dikeluarkan Microsoft, yang
ditujukan untuk komputer kecil yang dapat dibawa-bawa. Sesuai dengan namanya CE
(Comercial Edition), versi ini dibuat oleh Microsoft untuk peralatan-peralatan
diluar komputer PC. Windows CE didesain untuk sistem operasi pada komputer
mobil, PDA, peralatan-peralatan rumah tangga yang menggunakan komputer, dan
lain-lain. Tampilan Windows CE ini sangat mirip dengan tampilan Windows 95, oleh
karena itu bagi pengguna Windows dapat langsung mempelajarinya dengan mudah.
Pada PDA yang menggunakan sistem operasi Windows CE terbagi atas dua jenis,
yaitu Handheld yang horizontal dan Pocket PC (sebelumnya diberi nama Palm PC
dan Palmsize PC) yang vertikal. Untuk versi vertikal, didesain untuk menyaingi
pasar Palm. Versi vertikal ini dimulai dari veri “2.0”, dengan tampilan mirip
Windows 95. Pada Versi “3.0” dengan nama lain Pocket PC, Microsoft mengganti
tampilan interfacenya menjadi flat, mirip Palm sehingga lebih mudah dipakai.1
Versi Handheld memiliki keyboard dan pena untuk input, sedangkan Pocket PC
menggunakan display yang lebih kecil dan pena. Handheld dilengkapi dengan
Pocket Office komplit berisi Word, Excel, PowerPoint dan Outlook. PocketPC hanya
dilengkapi dengan Word,Excel, dan Outlook. Selain Pocket Office,2 Microsoft
juga memasukkan Internet Explorer untuk browsing Web, Windows Media Player
untuk memutar file-file multimedia seperti MP3, MPEG. Pada PocketPC memiliki
satu kelebihan lain,yaitu : Pengenalan tulisan tangan yang fleksibel.
Pengenalan tulisan tangannya lebih dekat pada tulisan tangan sebenarnya.
Maksudnya, pengguna tidak perlu lagi mempelajari abjad baru seperti pada Palm.
Jika pengguna tidak menyukai pengenalan tulisan tangan, maka pengguna dapat
menggantinya dengan keyboard virtual. Secara teknis sistem operasi Windows CE
ini lebih mendekati sistem operasi yang digunakan di PC, sebagai contoh: banyak
aplikasi-aplikasi dari PC yang dikonversi menjadi versi Pocket PC, terutama aplikasi
game, seperti: Doom, Hexen, Pacman, Need For Speed 4, Tomb Raider, Ultima IV,
Age of Empires, Rayman dan sebagainya. Untuk mendukung suksesnya Pocket PC,
Microsoft bahkan memberikan Compiler VisualBasic dan C++ berbasiskan Pocket
PC-nya secara gratis, yang dapat didownload di Internet. Selain PDA, sistem
operasi ini juga ada dalam versi ponsel dengan kode stinger, ponsel dengan
sistem operasi Windows CE sampai sekarang masih belum banyak beredar dipasaran.
Sekarang Windows CE telah sampai pada versi 4 dengan kode “Talisker”.
EPOC/Symbian
Sistem operasi Symbian dulunya bernama EPOC, dibuat
oleh perusahaan Psion yang membuat sistem operasi EPOC, kemudian diakusisi oleh
perusahaan Symbian. Sistem operasi ini banyak dipakai oleh PDA Psion (PDA yang
paling populer di Eropa). Psion merupakan salah satu PDA yang menguasai pasaran
di Eropa. Selain PDA, sistem operasi ini banyak ditemukan pada ponsel-ponsel
pintar (Smartphone). Seperti Nokia Communicator 9210, Nokia 7650, Sony Ericsson
P800 dan lain-lain. Sistem operasi ini mempunyai tampilan yang mirip dengan
Windows. Tetapi bila dibandingkan dengan Windows CE, sistem operasi ini lebih
stabil dan tampilan mirip ”Windows” meskipun tidak memiliki semua feature
Windows. Semua PDA yang menggunakan sistem operasi ini mempunyai input keyboard
dan pena.
Perbandingan antara PDA dan notebook
Kelebihan PDA dibandingkan dengan notebook
• PDA
lebih ringan
•
Waktu pemakaian baterai PDA lebih lama, karena daya yang lebih kecil
•
Dapat langsung dipakai, setelah dinyalakan tanpa menunggu “boot”
•
Lebih mudah dipakai, karena fungsi-fungsinya spesifik
Kekurangan PDA dibandingkan dengan notebook
•
Tidak dapat menjalankan aplikasi buat komputer PC
•
Kapasistas memory yang kecil
•
Tidak mampu mengerjakan pekerjaan yang berat
Kesimpulan :
komputasi modern adalah suatu pemecahan masalah
berdasarkan suatu inputan dengan menggunakan algoritma dimana penerapannya
menggunakan berbagai teknologi yang telah berkembang seperti komputer.
Penggagas komputasi modern ini adalah seorang ilmuwan bernama John Von Neuman.
Sumber:
http://my.opera.com/aviciena/blog/show.dml/8170711
http://ayumaniz.wordpress.com/2010/03/03/tentang-komputasi-modern/
http://aryigustiawan.blogspot.com/2010/02/komputasi-modern.html
http://thetoyzareboyz.blogspot.com/2011/02/komputasi-modern.html
http://my.opera.com/AlexVelascoindigo/archive/monthly/?day=20100501
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://nurlulu.blogspot.com/2011/02/pengantar-komputasi-modern.html
http://ariangelo.wordpress.com/2010/04/07/pengantar-komputasi-modern/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar